Sunday, November 2, 2008

Motivasi Bisnis (2)

Saya sangat setuju dengan Mas Nanang.
Saat sempat diskusi kecil dengan Mas Nanang pas Reuni kemarin, saya sudah dapat langsung simpulkan bahwa yang saya ajak ngobrol saat itu adalah entreprenuer sejati yang selalu melakukan perubahan2 bahkan mungkin "change DNA" Mas Nanang sudah membebaskan belenggu2 untuk meraih keberhasilan dalam pembaharuan. ( Re-code Change DNA - Rhenald Kasali)

Hasil akhir yang dilihat oleh banyak orang dalam membangun bisnis adalah : SUKSES vs GAGAL. Padahal di dalam proses membangun bisnis tersebut banyak sekali pengalaman yang di dapat melebihi nilai uang dari Sukses atau Gagal tersebut.

Meskipun saya bukan bisnisman..(belum... pernah coba-coba dngan modal kecil tapi karena kurang fokus..gagal).. tetapi saya bersyukur saat ini pekerjaan saya sering berhubungan langsung dengan para pelaku bisnis, owner (mostly Etnis Tionghoa) di segala macam industry. Sehingga saat ngobrol selalu saya upayakan untuk dapat menyerap pengalaman yang mereka dapatkan saat jatuh bangun mendirikan bisnis tersebut. Cerita pengalaman yang saya dapatkan langsung dari pelaku bisnis tersebut mudah-mudahan akan sangat membantu saya untuk membangun bisnis sendiri ke depannya.

Masalah kenapa banyak orang yang cari kerja jadi pegawai/karyawan daripada menciptakan lapangan pekerjaan adalah bisa jadi karena kesalahan nenek moyang departemen pendidikan yang mengajarkan sejak kecil kita menjadi konsumtif dan kurang menghargai uang.
Lho.. kok bisa?... Lha iya coba kita ingat... redaksi pelajaran bahasa Indonesia : Andi membantu Ibu belanja ke pasar... kenapa tidak Andi membantu ibu berjualan sayur di pasar.
Waktu liburan Andi pergi ke pantai atau ke gunung... kenapa tidak... Waktu liburan Andi belajar melukis kepada Pelukis dan belajar membuat kue pada Koki Hotel (kan biayanya sama kurang lebih)..

Di pelajaran matematika pun sangat banyak menggunakan kata Membeli daripada Menjual... Secara tidak sadar hal ini sudah membentuk karakter kita dari kecil bahwa membeli itu lebih mulia/baik daripada menjual. Tanpa kita belajar bahwa untuk membeli kita harus mempunyai uang sendiri yang harus kita dapatkan dengan bersusah payah.

Tetapi saat sekarang..sudah mulai banyak perubahan (meskipun agak terlambat).. mulai banyak anak muda yang berbisnis distro, musik, advertising, dll.. semenjak masih di bangku sekolah. Mudah2an virus entreprenuership seperti ini cepat menular sehingga membuat bangsa kita menjadi lebih kuat fundamental ekonominya.

Pengalaman Mas Nanang mungkin harmpir sama dengan saya pada saat memutuskan untuk keluar dari PNS Departemen Keuangan pada tahun 2004 setelah menjalani selama 8 tahun.
Tentunya kemantapan untuk keluar tersebut berkat dukungan istri tercinta dan dari keluarga besar. Padahal saat itu belum ada gambaran akan bekerja dimana atau buat bisnis apa. Belum cacian/celaan, sindirian dari teman dan lingkungan... wis enak dadi PNS kok keluar arep dadi opo... atau ... wis enak nang surgo kok golek neroko....Yang lainnya rebutan pingin dadi PNS kok kamu malah keluar opo gak dosa kowe.....

Tetapi Alhamdulillah karena niatnya Hijrah.. Allah memberikan jalan keluar. Setelah sempat menjalani agen asuransi, marketing HSBC Bank, akhirnya di bidang pembiayaan/leasing sampai sekarang.. Setelah saya pikir2 ternyata ada hikmah di balik saya keluar dari lingkungan Departemen Keuangan... teman2 saya di Depkeu yg sampai saat ini masih berhubungan baik adalah merupakan potensi relasi yang mungkin dapat membantu saya di kemudian hari...

Salut.. utk Mas Nanang. Semoga bisnis peternakan dan KSP dapat menjadi sinergi yang membawa kemaslahatan umat seperti yang dilakukan Muhamad Yunus dengan Grameen Bank nya di India.. Kalau boleh usul mungkin KSP nya diganti badan usaha BMT. meskipun sama2 koperasi tetapi BMT lebih mudah dapat pinjaman dari Bank untk penyaluran kreditnya. Saya ada contoh Anggaran dasar utk pendirian BMT kalau berkenan.

Salam Super Dahsyat !!
wawan

**Originally written by Wawan at Nov 02, 2008***

0 comments:

LIA AFIF ONLINE BOUTIQUE

REUNI AKBAR SMA 2 JOMBANG ALUMNUS 91-95

REUNI AKBAR SMA 2 JOMBANG ALUMNUS 91-95
Pusat Informasi Reuni Akbar SMA Negeri 2 Jombang Alumnus 1991-1995 bulan September 2009 di Jombang

About Me

Followers

Akhirnya